Budget Merchandise Promosi

Dalam dunia bisnis, tentunya promosi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa promosi, produk tidak dapat dikenal secara luas. Dan salah satu cara untuk berpromosi adalah dengan membagikan merchandise souvenir secara cuma cuma. Membagikan merchandise yang tepat dan sesuai maka rencana promosi akan berjalan lancar dan dapat meningkatkan volume penjualan.

Ada banyak pilihan merchandise yang ditawarkan untuk promosi, diantaranya tas, polo shirt, mug, pulpen, agenda, gantungan kunci, powerbank, mouse, tempat kartu nama, payung, flash disk USB, jam meja, jam dinding, tumbler dan lainnya. Dari banyaknya pilihan merchandise, tentunya memiliki kualitas yang berbeda-beda dan akan tepat diberikan pada segmen pasar yang dibidik.

Memilih merchandise yang tepat sesuai budget dapat dimulai dengan melihat segmen pasar. Setiap segmen pasar akan memiliki masing-masing harga dan menunjukkan kelasnya. Jika kelas ekonomi menengah ke atas, tentunya mereka akan memerhatikan kualitas. Sehingga merchandise Anda pun hendaknya yang berkualitas dan berkesan elegan.

Ada beberapa tips untuk memilih merchandise souvenir promosi untuk keperluan bisnis maupun individual antara lain.

  1. Tetapkan budget yang sesuai dengan souvenir yang diinginkan. Yang pertama adalah mengatur anggaran. Kira-kira berapa banyak yang dapat Anda belanjakan untuk souvenir promosi yang pas dengan anggaran.
  2. Buat Daftar Penerima Hadiah Anda. Selanjutnya Anda harus mempertimbangkan berapa banyak klien, karyawan, dan penyedia layanan yang benar-benar Anda miliki.
  3. Pilih perusahaan souvenir yang terpercaya. Banyak sekali diluar sana perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang souvenir. Sering kali kita terkecoh dengan harga yang murah namun dengan hasil dan servis yang kurang bagus. Untuk itu penting sekali memilih perusahaan souvenir yang memiliki reputasi yang baik agar hasil dari souvenir memuaskan.

Berbicara mengenai budget, setiap perusahaan tentunya menetapkan budget tertentu. Jika memang budget terbatas, Anda dapat menyiasatinya dengan mencari desain yang bagus dan menarik sehingga bisa mendongkrak nilai atau terlihat mahal. Sebagai contoh adalah Polo Shirt, karena Polo Shirt dapat digunakan oleh siapapun baik laki-laki maupun perempuan. Dengan desain yang tidak pasaran, komunikatif dan pantas pada Polo Shirt, maka dengan harga yang minim pun Polo Shirt dapat membawa manfaat yang banyak. Jika konsumen bersedia menggunakannya kemanapun mereka pergi, maka bisa menjadikan promosi berjalan bagi perusahaan Anda.

Jika merchandise berguna namun desain kurang menarik maka akan kehilangan nilai plus. Untuk itu, pilihlah desain yang menggambarkan produk Anda namun tetap bisa diterima oleh konsumen. Hindari desain yang terlalu idealis karena justru akan membosankan. Sebagai tambahan, Anda bisa mengundang calon vendor untuk datang dan mendiskusikan kebutuhan Anda. Anda dapat melihat contoh-contoh produk yang ditawarkan untuk mengetahui kualitas hasil kerja vendor tersebut.

BACK