tas promosi

Pencemaran plastik adalah salah satu ancaman terbesar bagi lingkungan hidup dan kesehatan di seluruh dunia. Dengan produksi plastik yang meroket, tingkat daur ulang yang rendah, dan pengelolaan sampah yang buruk, antara 4 hingga 12 juta metrik ton plastik masuk ke lautan setiap tahun. Jumlah itu diperkirakan akan meningkat dua kali lipat dalam 10 tahun mendatang. Di lautan, polusi plastik berdampak pada penyu, paus, burung laut, ikan, terumbu karang, dan banyak spesies dan habitat laut lainnya. Bahkan, para ilmuwan memperkirakan bahwa lebih dari separuh penyu laut dunia dan hampir setiap burung laut di Bumi telah makan plastik dalam kehidupan mereka.

Berikut adalah cara mengurangi sampah plastik :

  1. Kurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai
    Di mana pun Anda tinggal, cara termudah dan paling langsung yang dapat Anda mulai adalah dengan mengurangi penggunaan Anda sendiri dari plastik sekali pakai. Plastik sekali pakai termasuk kantong plastik, botol air, sedotan, cangkir, peralatan makan, dan barang-barang plastik lainnya yang digunakan sekali dan kemudian dibuang.
  2. Daur Ulang dengan Benar
    Ketika Anda menggunakan plastik sekali pakai (dan lainnya) yang dapat didaur ulang, selalu pastikan untuk mendaur ulangnya. Saat ini, hanya 9% dari plastik yang didaur ulang di seluruh dunia. Daur ulang membantu menjaga plastik dari laut dan mengurangi jumlah plastik baru yang beredar. Penting juga untuk memeriksa pusat daur ulang setempat tentang jenis plastik yang mereka terima.
  3. Berpartisipasi Dalam Pembersihan Sampah
    Bantu membuang sampah plastik dari lautan dan lingkungan sekitar, atau mengatur pembersihan pantai atau perairan setempat. Ini adalah salah satu cara paling bermanfaat untuk melawan pencemaran sampah. Anda cukup pergi ke pantai atau jalur air dan mengumpulkan sampah plastik sendiri atau bersama teman atau keluarga, atau Anda dapat bergabung dengan organisasi-organisasi lokal.
  4. Mendukung Peraturan Setempat Tentang Sampah Plastik
    Banyak kotamadya di seluruh dunia telah memberlakukan larangan menggunakan kantong plastik sekali pakai dan pengurangan packaging plastik. Anda dapat mendukung penerapan kebijakan tersebut di komunitas Anda dengan membawa tas belanja sendiri dari rumah dan menggunakan botol atau gelas minum sendiri.
  5. Menyebarkan Arahan Tentang Kebersihan
    Tetap terinformasi pada isu-isu yang berkaitan dengan polusi plastik dan membantu orang lain menyadari masalah ini. Sampaikan kepada teman dan keluarga Anda tentang bagaimana mereka dapat menjadi bagian dari solusi pencemaran plastik.

BACK