Bahan Tas Daur Ulang yang Bisa dengan Mudah Ditemukan

Beberapa waktu yang lalu Indonesia sempat digemparkan oleh kebijakan kantong plastik yang berbayar. Ya, ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi jumlah penggunaan plastik yang notabenenya merupakan bahan yang sangat sulit untuk diuraikan oleh mikroorganisme. Nah, dengan adanya kebijakan tersebut, tentu masyarakat memang sudah seharusnya menyiapkan tas atau kantong plastik sendiri dari rumah saat berbelanja. Namun, membawa tas atau kantong plastik yang itu-itu saja cukup membosankan ya, maka itu disarankan agar Anda berkreasi dengan membuat tas daur ulang sendiri. Ada begitu banyak bahan tas daur ulang yang bisa Anda gunakan, salah satunya adalah plastik itu.

Anda bisa menemukan plastik dengan mudah bukan? Misalnya bekas bungkus detergen, makanan ringan ataupun yang lainnya. Anda bisa memungut bahan tas daur ulang tersebut, membersihkannya lalu mengolahnya dengan sedemikian rupa sehingga menjadi tas yang sangat cantik. Tak hanya bisa mengurangi kuantitas sampah plastik saja, ini bahkan bisa menjadi peluang usaha bagi Anda.

Selain plastik, masih ada bahan tas daur ulang yang lainnya loh. Contohnya bisa Anda lihat pada poin-poin di bawah ini:

1. T-Shirt

Bahan yang pertama adalah t-shirt. Jika Anda memiliki t-shirt yang sudah tidak dipakai di rumah, Anda bisa menyulapnya menjadi tas yang sangat unik. Anda bahkan tidak membutuhkan bahan apapun saat membuatnya kecuali sebuah gunting dan sebuah alat tulis untuk menandai. Proses pembuatannya juga tidak lama, dimana Anda hanya perlu memotong lengan t-shirt tadi, kemudian potong juga bagian lehernya. Nah, untuk memotong bagian leher ini, Anda bisa menggunakan bantuan mangkok yang cukup besar.

Sudah selesai? Sekarang saatnya Anda menentukan dalamnya tas yang Anda inginkan. Balikkan sisi luar t-shirt supaya menjadi berada di bagian dalam, kemudian beri tanda garis dengan panjang sesuai yang diinginkan di bagian bawah. Selanjutnya adalah gunting t-shirt sesuai dengan tanda garis yang sudah Anda buat tadi sehingga menjadi untaian kemudian buatlah simpul.

Sangat mudah bukan? Keuntungan Anda menggunakan bahan t-shirt ini, Anda bisa mencucinya kapan saja jika Anda merasa tas tersebut sudah kotor, lalu jika sudah benar-benar tidak bisa digunakan lagi, Anda bisa memotongnya kembali untuk dijadikan kain lap.

2. Jeans

Tak hanya t-shirt saja, jeans yang sudah tidak terpakai juga bisa Anda sulap menjadi tas yang layak pakai. Anda hanya perlu memberinya sedikit sentuhan kreatif dan voila, tas baru Anda sudah jadi.

3. Karung Beras

Punya karung beras yang sudah tidak digunakan lagi? Nah, kini saatnya Anda merubahnya menjadi tas yang berguna. Karung beras umumnya memiliki ukuran yang cukup panjang dan lebar sehingga ini menguntungkan Anda saat Anda hendak membawa barang-barang dalam jumlah yang cukup banyak.

4. Karung Goni

Karung goni yang biasanya berwarna coklat juga bisa menjadi bahan yang bagus untuk dijadikan tas daur ulang. Apa pasal? Karena bahan yang satu ini memiliki serat dan tekstur yang lebih jelas.

5. Tutup Minuman Kaleng

Jika Anda biasa membeli minuman kaleng, sepertinya mulai saat ini Anda jangan membuang bagian tutupnya ya. Mengapa? Karena jika Anda memiliki tutup minuman kaleng dalam jumlah yang cukup banyak, Anda bisa menyusunnya untuk kemudian bisa dijadikan hiasan tas.

Sejatinya sampah bukanlah masalah yang sepele, karena jika hal ini dibiarkan secara terus menerus, bisa menimbulkan kerusakan alam yang cukup serius. Nah, dengan tulisan ‘Bahan Tas Daur Ulang yang Bisa dengan Mudah Ditemukan’ ini, diharapkan Anda bisa memilih kembali manakah barang yang benar-benar sudah menjadi sampah dan manakah yang masih bisa dimanfaatkan.

Oke, itu saja pembahasan mengenai bahan tas daur ulang pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat ya.

BACK